Rabu, 08 Februari 2023

Studi Dasar Islam (SDI) 2023 I FSIAP

 Asslamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Forum Studi Islam Mahasiswa Pertanian (F-SIAP) Fakultas Pertanian Universitas Jember telah melaksanakan kegiatan pengkaderan yang merupakan kegiatan tahunan dalam rangka regenerasi anggota F-SIAP. Kegiatan pengkaderan ini merupakan salah satu misi F-SIAP yakni “Perekrutan kader tersistem” yang mana misi tersebut merupakan misi pertama UKM F-SIAP. Kegiatan pengkaderan tersebut dikenal dengan Studi Dasar Islam (SDI) yang terdiri dari kegiatan Pra SDI, SDI dan Pasca SDI. Seluruh serangkain kegiatan tersebut wajib diikuti anggota baru F-SIAP. Pada SDI tahun 2023 ini bertemakan yaitu “Mewujudkan Insan Bertaqwa yang Berintelektual dan Tangguh menjadi Generasi Rabbani”.


Kegiatan SDI tahun 2023 terdapat SDI ruang yang telah dilaksanakan di Ruang Kuliah Kopi 2.4 FP UNEJ hari Kamis, 26 Januari 2023/4 Rajab 1444 H yang mana juga didatangi oleh pembina F-SIAP (Moh. Nur Khozin S.P., M.P.), Kasubag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni (Ir. Eddy Suhan) serta beberapa karyawan FP UNEJ lainnya dan diresmikan oleh Wakil Dekan III FP UNEJ yakni Dr. Ir. Sholeh Avivi, M.Si. Kegiatan peresmian dilanjutkan dengan penyampain materi keaswajaan oleh Dr. Moh. Lutfi Nur Cahyono, M.H.I. yang merupakan dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.


Kegiatan SDI dilanjutkan tanggal 28 – 29 Januari 2023/6 – 7 Rajab 1444 H yang merupakan kegiatan SDI lapang bertempat di Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel, Antirogo. Pondok Pesantren tersebut diasuh oleh Kyai Ahmad Nafi’, S.TP., M.P. yang merupakan dosen FTP UNEJ sekaligus pembina UKM Mustika UNEJ dan UKM Kosinus Teta FTP UNEJ. Serangkaian kegiatan SDI lapang dimulai dari kegiatan khataman 30 juz, dilanjut materi kepribadian, lalu pengenalan pengurus, materi keorganisian dan ke-F-SIAP-an serta serangkaian kegiatan di Pondok Pesantren yang juga diikuti oleh panitia dan peserta.

Kegiatan hari kedua lapang yaitu Outbond sekaligus kegiatan inti dalam serangkaian acara SDI yaitu pembaiatan anggota baru F-SIAP. Outbond bertempat dibelakang pondok pesantren dengan diisi beberapa games yaitu Volly Air, lanjut potongan Ayat, Mistery Box serta lomba pengisian botol bocor. Kegiatan outbond bertujuan untuk melatih kekompakan peserta, kemampuan dalam berpikir cepat, serta bertadabbur alam dan juga menjadi tujuan dari tema SDI 2023 yaitu “Mewujudkan Insan Bertaqwa yang Tangguh”. Lanjut pada acara inti yaitu pembaiatan yang diikuti oleh seluruh peserta dan dipimpin langsung oleh Ketua Umum F-SIAP 2023. Kegiatan pembaiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk peresmian menjadi anggota baru F-SIAP.


Berakhirnya serangkaian kegiatan SDI akan dilanjutkan dengan kegiatan Pasca SDI yang akan dilakukan oleh anggota baru F-SIAP. Kegiatan SDI selanjutnya insyaa Allah akan diadakan lagi tahun 2024 untuk melanjutkan regenerasi F-SIAP. 

Jazakumullah khairan katsir

Wassalamu’alikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar